Senin, 13 Juni 2016

PENTINGNYA PERANAN ORANG TUA TERHADAP PENDIDIKAN ANAK SEJAK USIA DINI


Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian.

Pendidikan itu sangat penting, karena menurut Mae Chu Chang, seorang ahli pendidikan dari Bank Dunia Indonesia mengatakan bahwa Investasi pendidikan tertinggi adalah pada usia dini karena dapat menghasilkan manfaat yang jauh lebih stabil dan baik ketimbang investasi pada tingkat usia dijenjang pendidikan yang lain misalnya SD, SMP SMA SMK, STM atau tingkat Mahasiswa sekalipun.
Alasannya? karena awal pembentukan karakter seseorang hanya bisa terbentuk pada sistem pendidikan anak usia dini dan bukan pada usia yang telah beranjak dewasa.


Dari itu banyak yang muncul lemabaga sekolah non formal untuk mendirikan sekolah untuk anak usia dini atau yang biasa kita sebut dengan PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Tapi, terlepas dari sekolah tersebut, peranan orang tua pun sama sangat pentingnya dengan pendidikan anak. Seperti kata bijak, "Orang Tua Adalah Guru Pertama di Rumah". 

Berikut ini adalah alasan pentingnya pendidikan anak sejak usia dini:

  • Agar Anak dapat mengembangkan keterampilan dan kecerdasan dalam berbagai hal.
  • Agar anak dapat mengerti, memahami, dan berpikir secara positif, kritis dan kreatif dalam mencerna kata-kata.
  • Pendidikan anak usia dini adalah gerbang pertama sebelum anak usia dini melangkah pada jenjang pendidikan yang berikutnya.
     
Maka orang tua disini harus aktif memberikan anaknya pendidikan yang baik. Orang tua harus menerapkan pendidikan pada anak yaitu :
  • Menerapkan Sistem Kemandirian berupa mengembangkan kecakapan, hobi, kesukaan, bakat, dan keterampilan anak melalui kebiasaannya agar anak mampu lebih mandiri, memiliki rasa tanggung jawab atas perbuatan sendiri dan mampu menerapkan kedisiplinan dalam kehidupan sehari-hari.
  • Memanfaatkan media edukatif dari benda- benda yang ada di lingkungan alam atau menggunakan alat-alat yang bersifat alam yang disediakan dari pihak pendidik untuk belajar dan mengenal alam dari dekat. 
  • Berorientasi pada kebutuhan anak secara sistematik yang berhubungan dengan fisik dan psikis anak-anak termasuk intelektual, motorik, sensorik, sosio emosional atau tata bicara.
  • Belajar sambil bermain karena bermain adalah salah satu media untuk melakukan awal pendidikan dalam bidang belajar komunikasi dan belajar beradaptasi dengan orang lain yang didalamnya mencakup cara berkesplorasi dan pengendalian benda-benda sekitarnya. 
  • lingkungan bermain harus dibuat dengan menarik, unik, penuh dengan pemakaian warna dan gambar yang disesuaikan usia mereka sehingga dapat tercipta rasa nyaman, rasa aman, dan penuh semangat ketika anak sedang bersosialisasi dengan anak - anak lain.
Kualitas pendidikan anak tergantung kualitas dari pendidikan yang diberikan oleh orang tua. Orang tua harus selalu mendampingi, membantu, membimbing anaknya dalam memperoleh pendidikan. Berikan anak - anak pendidikan yang layak untuk masa depan mereka yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar